Penelitian Penjajagan di situs-situs megalitik di kabupaten Rejang Lebong

2 Kabupaten Rejang Lebong

2.1 Gambaran Umum Keadaan Alam

Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu. Secara astronomis, kabupaten Rejang Lebong terletak antara 101045’ sampai 1030BT dan sekitar 2045’ sampai 3045’Lintang Selatan. Wilayah Rejang Lebong mempunyai luas 410.980 ha. Keadaan alam daerah Kabupaten Rejang Lebong terdiri dari lembah dataran tinggi Lebong dan dataran tinggi Musi dengan ketinggian antara 100 – 2000 meter di atas permukaan laut. Daerah rejang Lebong terletak di atas dataran tinggi yang mengitari Bukit Barisan, membujur dari tenggara ke baratlaut. Dataran tinggi Lebong . Pada dataran tinggi Lebong mengalir sungai Ketahun dan pada datarn tinggi Musi mengalir Sungai Musi. Tanah lembah sepanjang kedua sungai tersebut sangat subur untuk pertanian. Pada dataran dan lereng pegunungan yang berhutan rimba dihasilkan kayu, rotan, damar, dan terdapat berjenis – jenis binatang dan burung. Daerah yang menjadi sasaran penelitian adalah:

2.2 Kecamatan Kepahiang

a. Desa Batu keris

Terletak di persawahan yang dikelilingi perbukitan. Di situs mengalir Sungai Kemanis dan Sungai Langkap. Ditemukan sebuah menhir yang disebut batu keris karena bentuknya mirip hulu keris. Tonjolan puncak menhir terletak di sebelah utara. Menhir ini dibuat dari batu andesit berwarna abu-abu . Ukuran panjang 100 cm, lebar 52 cm.

b. Desa Batu Belarik

Lokasi situs berada Di tengah areal persawahan Desa Batu Belarik. Lahannya berundak. Di situs ini ditemukan “tetralit” yang membentuk formasi segi empat panjang membujur kearah barat – timur. Oleh penduduk temuan tersebut disebut Batu Belarik. Jarak antar batu di sisi utara 6 m, sisi timur 5 m, sisi selatan 5 m dan sisi barat 4,5 m. Ukuran batu-batu :

Batu 1: panjang 30 cm, lebar 51 cm, tebal 22 cm.

Batu 2: panjang 32 cm, lebar 47 cm, tebal 14 cm.

Batu 3: panjang 115 cm, lebar 42 cm, tebal 18 cm

Batu 4: panjang 17 cm, lebar 75 cm, tebal 30 cm.

2.3 Kecamatan Curup

Ditemukan batu datar yang disebut dengan Batu Panco, Batu tersebut membujur arah utara – selatan (N 300). Ukuran panjang 273 cm, lebar 155 cm, tebal 65 cm. Pada salah satu sisi terdapat dua buah batu sebagai kaki.

a. Desa Pasar Tengah, ditemukan Beliung Persegi (tanpa keterangan )

b. Desa Batu Dewa

Ditemukan 2 buah batu dakon dan satu buah lumpang batu. Oleh penduduk disebut “batu mandian dewa.”

1. Batu dakon 1

Berbentuk pipih tidak beraturan, di permukaan atas terdapat lubang batu bulat sebanyak enam buah yang membentuk formasi berpasangan, bahan batu andesit berwarna keabuan, berukuran panjang batu 70 cm, lebar 45 cm tebal 15 cm. Diameter lubang antara 9 – 11 cm, kedalaman 0,5 – 3,5 cm.

2. Batu dakon 2

Berbentuk tidak beraturan, bahan batuan dari batu andesit, di permukaan atasnya terdapat 5buah lubang bulat dengan sebaran yang tidak beraturan menurut panjang batu. Ukuran diameter lubang antara 7-12 cm, kedalaman lubang 1-4 cm, panjang batu dakon 90 cm, lebar 40 cm, tebal 15 cm.

3.Lumpang Batu

Berbentuk trapezium tidak beraturan.Ukuran panjang 45 cm, lebar 43 cm, tebal 26 cm. Permukaan atasnya terdapat lubang yang dilihat dari penampang lintangnya berbentuk hiperbola dan dari penampang bujurnya berbentuk oval mendekati empat persegi panjang. Panjang lubang 32 cm, lebar 24 cm, kedalaman tepian 13 cm.

4.Tempayan kubur

Tempayan kubur ini ditemukan oleh Bapak Saiful salah seorang warga setempat, merupakan wadah bertutup dan orientasi tepian berbentuk empat persegi panjang dengan bibir bergerigi datar. Pada permukaan gerigi terdapat hiasan motif silang yang dibuat dengan teknik gores. Tinggi tempayan 62 cm, lebar 56 cm, diameter tepian 47 cm.

http://www.balarpalembang.go.id/BPA11.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: