KEINDAHAN BUKIT KABA – The Fascinating of Kaba Hill

Kebun Sayur

inilah salah satu sisi yang lain dapat dinikmati saat pendakian atau pulang dari bukit kaba. ini merupakan prodak sayur organik yang merupakan hasil olahan petani di sekitar kaki bukit kabah. keindahan alam kebun sayuran ini dapat menambah pesona wisata perjalanan di Bukit kaba. Mau metik sayur sendiri?????…. datang aja ke bukit kaba….. enak bgt gtu lhooo!!!!!..

Pohon Aren Bercabang Lima

Selain dapat menikmati keindahan alam kawah bukit kaba, anda juga menikmati salah satu keajaiban alam yaitu pohon Aren bercabang lima (percaya nggak?……) makanya anda segera datang kesini mumpung pohonnya belum mati atau musnah, okey bro… gw tunggu ya…


Air Panas

Setelah dari PokDarwis dimana selama perjalanan suhu disana sangatlah dingin, kita dapat menghilangkan rasa dingin dengan menikmati kehangatan pesona wisata air panas. Air panas ini bersumber dari kawah bukit kaba yang masih sangat alami dan berkhasiat untuk menyembuhkan segala penyakit kulit.


Adanya endapan belerang di dasar kawah utama Gunungapi Kaba membuat sebagian kecil masyarakat di sekitar gunung api ini memanfaatkannya dengan cara menggali secara tradisional. Namun saat ini penggalian tersebut sudah tidak dilakukan lagi, mengingat volume cadangannya yang tidak memadai untuk ditambang dalam skala kecil sekalipun.

sumber mata air panas di jalur pendakian ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas di Air Meles (lereng baratdaya) dan di Air Sempiang (lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunungapi di Kabupaten Rejang Lebong.


Bukit Kaba

BUKIT KABA
Nama : Bukit Kaba
Type : Strato
Tinggi : 1952 mdpl
Letak : Kec.Curup Kab. Rejang Lebong,
Bengkulu, Indonesia.

Gambaran umum lokasi
Bukit kaba yang letaknya tidak jauh dari gunung dempo (3172 mdpl) merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati.Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki telebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong – Curup. Curup dapat dicapai dari barat (Bengkulu) sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau. Dari Curup menuju ke kampung bukit kaba dan berkemah di desa Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.Pendakian menuju ke puncak sampai di pematang durian dari sumber urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan, namun saat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Dari pematang durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. Dimana dalam perjalanan menuju puncak bukit kaba ini terdapat banyak panorama alam dan perkebunan sayuran milik warga yang membentang luas di kaki bukit kaba (kapa 85 uniga, Malang).

Kawah Bukit Kaba

Kawah Bukit Kaba

KABA,
P. Sumatera

Compiler : Hamidi (hamidi@vsi.esdm.go.id)

Editor : Mas Atje Purbawinata

Keterangan Umum

Nama : G. Kaba

Nama Lain : Kaaba

Nama Kawah: Terdapat 8 kawah di puncak, masing-masing a.l : (Gbr.1) Kaba Lama, Kaba Baru, Sumur letusan 1940 Kawah Baru, Vogelsang I, lubang letusan 1951 (Vogelsang II).

Lokasi
a. Geografi : 3°31′ LS, dan 102°07′ BT
b. Administrasi: Berada di wilayah Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu

Ketinggian : 1952 m di atas permukaan laut

Kota Terdekat:-

Tipe Gunungapi:-

Lokasi Pos PGA :

Pemantauan kegiatan gunungapi dilakukan dari Pos Pengamatan Gunungapi Kaba yang terletak di Desa Sumber Urip. Pengamatan kegempaan dan visual dilakukan terus menerus dari pos pengamatan, sedangkan pemeriksaan kondisi fisik kawah-kawah, pengukuran suhu solfatara/fumarola/mata air panas dilakukan secara temporal. Pengamatan kegempaan dilakukan dengan menggunakan sensor seismometer merek Ranger SS-1 buatan Kinematrics yang mempunyai frekuensi natural 1 Hz yang ditanam ditubuh Gunungapi Kaba (Gbr. 2), dengan drum perekam dipasang di pos pengamatan (Gbr. 3) Pengiriman dilakukan dengan menggunakan sistem radio telemetri.

Ciri Letusan:

Explosive magmatik, menghasilkan tiang abu letusan dan hujan abu serta tidak jarang disertai awan panas dan leleran lava. Lama waktu letusan cukup panjang, bahkan pernah terus menerus selama setahun. Pusat erupsi sering berpindah-pindah mengikuti arah jurus N63°E. Letusan freatik dan freato magmatik tidak jarang terjadi, terlebih dengan keadaan kawah yang mudah menampung air hujan membentuk danau kawah.

Pendahuluan

Cara Pencapaian

Gunungapi Kaba dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat dari kota Curup melalui desa Simpang Bukit Kaba, yang terletak di jalan raya Lubuk Linggau-Curup, menuju desa terdekat (5 km dari arah puncak), Sumber Urip. Pencapaian dari desa ini bisa dilakukan dengan kendaraan roda gardan ganda atau dengan menggunakan sepeda motor maupun jalan kaki.

Demografi

Penduduk di sekitar Gunungapi Kaba umumnya bertani sayur mayur. Kota Curup dengan desa Sumber Urip nya, terkenal sebagai sentra sayur mayur untuk Propinsi Bengkulu, bahkan pensuplai sayur mayur terbesar bagi kota Palembang, ibukota Propinsi Sumatera Selatan. Selain sayur mayur, penduduk di sekitar Gunungapi Kaba bercocok tanam kopi. Kopi Bengkulu yang terkenal itu sebenarnya adalah produksi dari para petani di wilayah Gunungapi Kaba.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Adanya endapan belerang di dasar kawah utama Gunungapi Kaba membuat sebagian kecil masyarakat di sekitar gunungapi ini memanfaatkannya dengan cara menggali secara tradisional. Namun saat ini penggalian tersebut sudah tidak dilakukan lagi, mengingat volume cadangannya yang tidak memadai untuk di tambang dalam skala kecil sekalipun.

Wisata Gunungapi

Adanya jalan mobil yang menghubungkan antara kota Curup dan puncak kawah utama Gunungapi Kaba dengan melalui desa-desa Simpang Tiga Kaba dan Sumber Urip menjadikan gunungapi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan dalam negeri. Ditambah lagi dengan sumber mata air panas di jalur pendakian ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas di Air Meles (lereng baratdaya) dan di Air Sempiang (lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunungapi di Kabupaten Rejang Lebong.

Potensi yang bisa juga di sarankan yakni “wisata giling kopi” di kawasan perkebunan kopi yang sangat terkenal dengan kopi nya itu, dan disatu paketkan dengan pendakian ke kawah. Jenis wisata demikian bisa ditawarkan kepada wisatawan untuk memetik, menjemur, dan menggiling kopi, dengan suguhan minum kopi di akhir tour.

With my dedicate to Mr. Darwis Copy right.
http://kabahill.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: